Monday, September 9, 2013

Opera Luncurkan Coast, Peramban Browser Khusus iPad - ( T3CHNLG1 )

Setelah digodok sekitar 1,5 tahun, Opera akhirnya meluncurkan sebuah aplikasi browser untuk tablet yang disebut Opera Coast. Aplikasi peramban web ini saat ini disediakan dan dioptimasi untuk Apple iPad.

Aplikasi khusus tablet ini dibuat untuk menghilangkan rasa frustasi pengguna tablet yang menginginkan sebuah browser yang mampu beradaptasi dengan masukan multisentuhan. Opera Coast juga menghapus berbagai kompleksitas pada browser biasa

Coast hampir tidak memiliki unsur antarmuka pengguna selain tombol ‘Home’ di bagian bawah layar dan sebuah tombol lebih kecil di sisi kanan bawah untuk menampilkan situs yang belum lama dikunjungi. Hampir semua interaksi dilakukan melalui gerakan tangan, termasuk perpindahan situs menggunakan sapuan ke kiri dan kanan, bukan lagi melalui panah kiri dan kanan seperti browser biasa. Coast juga menggunakan layar depan seperti iOS dengan ikon besar. Browser ini juga otomatis menambahkan daftar situs yang baru dikunjungi serta adanya papan pencarian di layar depan.

Tak seperti Opera Mini, Coast tidak menggunakan layanan pengolah dari Opera namun bergantung pada engine pengolah milik Apple yang sudah tersedia. Engine render yang digunakan adalah WebKit yang sudah tidak digunakan pada Opera versi PC yang menggunakan engine terbaru dari Google.

Pihak Opera tidak memberikan jawaban ketika ditanyakan apakah aplikasi ini nantinya akan tersedia di Android atau platform lain di luar iOS.

via Techcrunch



 
Copyright Premi Lina Blog All Rights Reserved