Saturday, September 14, 2013

Kinect Xbox Bisa Digunakan Sebagai Alat Kesehatan - ( T3CHNLG1 )

TEMPO.CO, Jakarta – Bukan hanya menyenangkan, tapi juga menyehatkan. Inilah yang dirasa ketika bermain dengan konsol game Xbox  dengan Kinect. Ternyata, selain menjadi sensor letak pemain, Kinect juga bisa digunakan sebagai alat pendeteksi denyut jantung.

Fitur Kinect umunya digunakan pemain saat bermain game kebugaran lewat Xbox 360. Pembuatnya, Microsoft, menggabungkan Kinect dengan fitur monitor heart-rate. Dengan kedua fitur ini, gerakan seseorang atau pemain akan dipantau, bahkan dari jarak empat meter. Bahkan, Kinect ini bisa mendeteksi detak jantung enam orang sekaligus secara bersamaan.

Kinect dapat mendeteksi seberapa cepat darah dipompa dan berapa banyak denyut jantung per menitnya.  Saat darah melewati tubuh seseorang, perubahan warna kulit akan terdeteksi dan muncul di layar. Kamera Kincet dapat mengenali segala perubahan warna wajah seseorang dan menggunakannya untuk menganalisis seberapa cepat darah dipompa.

Dengan mengetahui kecepatan darah, kamera dapat menentukan berapa banyak denyut nadi per menit yang dibutuhkan untuk mencapai suatu gerakan yang terekam oleh kamera. Jumlah denyut jantung dapat terlihat pada layar dengan skema, layaknya peralatan kedokteran.

Selain itu, Kinect juga mendeteksi otot mana yang sering digunaka dan seberapa besar kekuatannya. Hal ini dapat terlihat dari perubahan warna otot pada layar. Semakin kuat tekanannta, semakin terang warnanya, maka warna otot pada layar semakin merah. Jika warna otot pada layar cenderung hijau,berarti kegunaan otor tidak terlalu besar.

RINDU P HESTYA | DAILY MAIL

Berita Populer Terkait:

Muak dengan ‘Miley Cyrus’? Google Berikan Solusi 

Tiga Asteroid Ini Akan Ditangkap oleh NASA

Guru SD Ciptakan Aplikasi Belajar Aksara Jawa 

Jelajahi Galapagos dengan Google Street View 

Gunung Tertinggi di Amerika Utara Menyusut



 
Copyright Premi Lina Blog All Rights Reserved